Logo Web Atas
Web Atas Lomba Opini
Maulid Nabi Muhammad WEB Atas
K-TV Peduli WEB Atas

Desa di Malang Ini Lahirkan Komunitas UMKM Bernama SAMARA

PROGRESIF: Komunitas Salam Maju Sejahtera (SAMARA) menjadi tempat untuk mendukung 70 UMKM di Desa Kedungsalam. (K-TV/Reny Tria Rossyta)
PROGRESIF: Komunitas Salam Maju Sejahtera (SAMARA) menjadi tempat untuk mendukung 70 UMKM di Desa Kedungsalam. (K-TV/Reny Tria Rossyta)

K-TV | Malang – Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang memiliki program dengan menciptakan komunitas UMKM bersama 70 pelaku usaha.

Komunitas tersebut diberi nama Salam Maju Sejartera (SAMARA).

Berawal dari lima orang membentuk komunitas SAMARA, sampai saat ini sudah berjalan kurang lebih 6 bulan bersama 70 pelaku usaha di Desa Kedungsalam.

SAMARA menggunakan fasilitas tenda dan beberapa meja yang ditempatkan di depan rumah warga di tempat yang strategis. Pada hari biasa, SAMARA buka pukul 06.00 WIB hingga siang pukul 13.00 WIB. Namun pada bulan Ramadan, SAMARA buka mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Ketua Komunitas SAMARA, Yulia menyampaikan, komunitas ini dibentuk untuk mendukung para pelaku usaha dan masyarakat yang ingin berjualan tetapi tidak memiliki wadah.

“Tujuannya untuk membantu para pelaku usaha dan juga para masyarakat yang bisa menciptakan produk dan berpeluang untuk dijual,” kata Yulia kepada K-TV, Senin (8/4/2024).

Pada bulan suci Ramadan, peningkatan pengunjung sangat drastis, disampaikan Yulia, hal itu karena banyaknya masyarakat senang ngabuburit di sore hari sehingga memenuhi lapak SAMARA.

“Semua produk ludes terjual, dibanding hari-hari biasa selalu ada yang tersisa,” ujarnya.

Yulia berharap agar komunitas SAMARA dapat berkembang dan menyejahterakan anggota UMKM.

“Saya berharap komunitas ini dapat maju dan berkembang, bisa memenuhi kebutuhan ekonomi yang saat ini semakin sulit, menyejahterakan anggota khususnya, dan juga masyarakat sekitar. Semoga mempunyai alat produksi dan perlengkapan lain seperti tenda dan meja,” pungkasnya.

Reporter : Reny Tria Rossyta

Redaktur : Hairul Anam

Bagikan

Logo WEB Bawah
K-TV Peduli Web Bawah
Web Bawah Lomba Opini
WEB Bawah Maulid Nabi

Logo WEB Bawah
K-TV Peduli Web Bawah
Web Bawah Lomba Opini
WEB Bawah Maulid Nabi

Berita terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *