Logo Web Atas
Web Atas Lomba Opini
Maulid Nabi Muhammad WEB Atas
K-TV Peduli WEB Atas

Tingkatkan Minat Menulis Bersama Ratih Kumala, Penulis Novel Best Seller “Gadis Kretek”

LITERASI: Ratih Kumala berbagi tips menulis lewat kegiatan Bincang Literasi oleh Perpustakaan Kemenkeu RI (KTV/Ist_Kemenkeulib)
LITERASI: Ratih Kumala berbagi tips menulis lewat kegiatan Bincang Literasi oleh Perpustakaan Kemenkeu RI (KTV/Ist_Kemenkeulib)

K-TV | Surabaya – Perpustakaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI mengadakan Bincang Literasi, Kamis (7/3/2024).

Acara yang menghadirkan Ratih Kumala, penulis novel best seller “Gadis Kretek” sebagai narasumber, itu dikonsentrasikan di Gedung Keuangan Negara (GKN) Surabaya 1.

Ratih Kumala sendiri mengaku telah suka membaca buku sejak sekolah menengah pertama (SMP). Lalu dia lanjutkan budaya membaca hingga kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) jurusan Sastra Inggris.

Mengawali karir menulisnya lewat cerita pendek hingga novel, membuat Ratih Kumala memiliki segudang pengalaman di bidang menulis.

Lewat Bincang Literasi berjudul Workshop “Riset Berdaya untuk Tulisan Bernyawa”, Ratih Kumala berbagi informasi dan menjelaskan bagaimana proses menulis berdasarkan riset untuk membuat sebuah tulisan lebih hidup. Dia juga mengajak peserta untuk berlatih dan mengulas tulisan tersebut secara langsung.

Ratih Kumala berbincang mengenai “theater of mind” yang menjadi pegangan di awal dan di akhir dalam kegiatan menulis.

“Saat seseorang atau penulis sudah memiliki theater of mind, maka set up-nya sudah kuat, maka thater of mind ini adalah pegangan seorang menulis dari awal kepenulisan hingga akhir,” tuturnya.

Perpustakaan Kemenkeu RI berharap lewat kegiatan ini dapat menumbuhkan minat menulis kepada masyarakat Indonesia. Muaranya, dapat melahirkan generasi-generasi penulis bangsa.

Reporter : Rifka Amelia

Redaktur : Hairul Anam

Bagikan

Logo WEB Bawah
K-TV Peduli Web Bawah
Web Bawah Lomba Opini
WEB Bawah Maulid Nabi

Logo WEB Bawah
K-TV Peduli Web Bawah
Web Bawah Lomba Opini
WEB Bawah Maulid Nabi

Berita terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *