Logo Web Atas
Web Atas Lomba Opini
Maulid Nabi Muhammad WEB Atas
K-TV Peduli WEB Atas

Siap Hadir untuk Dimintai Klarifikasi, Prof AQ: Saya Berkomitmen untuk Selalu Konsisten dalam Membantu Penegakan Hukum

SIAP HADIR: Prof. Dr. Achsanul Qosasi akan selalu menjaga komitmennya dalam membantu penegakan hukum. (AQ for K-TV)
SIAP HADIR: Prof. Dr. Achsanul Qosasi akan selalu menjaga komitmennya dalam membantu penegakan hukum. (AQ for K-TV)

K-TV | Jakarta – Prof. Dr. Achsanul Qosasi, Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI), menegaskan, dirinya masih teguh terhadap pendiriannya untuk selalu konsisten dalam membantu penegakan hukum di Tanah Air ini.

Salah satu contohnya; Guru Besar Kehormatan Universitas Airlangga Surabaya ini siap hadir sesuai prosedur terkait informasi rencana Kejaksaan Agung (Kejagung) memanggil dirinya untuk dimintai klarifikasi.

Informasi pemanggilan tersebut terkait kasus dugaan korupsi pembangunan menara Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kominfo.

“Saya berkomitmen untuk selalu konsisten dalam membantu penegakan hukum. Selama ini, kami sudah sering membantu APH (aparat penegak hukum) dalam penyelesaian kasus hukum. Kasus ini justru bermula dari temuan BPK,” jelas Prof. AQ.

“Terkait dengan beredarnya informasi bahwa saya akan dipanggil Kejaksaan Agung untuk dimintai klarifikasi mengenai (kasus dugaan korupsi) BTS Kominfo, saya siap hadir sesuai dengan prosedur,” imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, nama Prof. AQ disebut dalam persidangan. Itu berawal dari jaksa penuntun umum (JPU) Kejaksaan Agung memeriksa mantan Direktur Utama PT. Mora Telematika Indonesia, Galumbang Menak sebagai terdakwa dalam kasus tersebut.

Galumbang membeberkan nama AQ, yang inisial dari Achsanul Qosasi dalam persidangan. Hal itu dikatakan saat pendalaman soal aliran dana sebesar Rp40 miliar ke BPK RI.

Namun kemudian, Galumbang menegaskan, dirinya tidak menyimpulkan keterlibatkan Prof. AQ, termasuk saat berita acara pemeriksaan (BAP).

“Saya tidak simpulkan ada AQ di dalam BPK. Di BAP, saya tidak pernah menyimpulkan ada AQ di situ,” tegas Galumbang.

Terkait namanya yang disebut saat persidangan, Anggota III BPK RI itu menerangkan, soal dirinya yang bertugas memeriksa proyek tersebut.

“Terkait dengan fakta persidangan di mana ada yang menyebutkan chat WA di antara mereka yang menyebut inisial nama saya. Saya bisa sampaikan bahwa memang yang memeriksa dan meng-audit proyek tersebut adalah saya selaku AKN III BPK RI,” terang Prof. AQ.

“Audit sudah selesai dilakukan secara profesional dan akuntabel. Kami bersama penyidik kejaksaan sudah melakukan expose di kantor BPK. Selebihnya, jika ada hal-hal lain, bisa saya sampaikan secara rinci sesuai peraturan yang ada,” tandasnya.

Reporter : Syahid Mujtahidy

Redaktur : Syahid Mujtahidy

Bagikan

Logo WEB Bawah
K-TV Peduli Web Bawah
Web Bawah Lomba Opini
WEB Bawah Maulid Nabi

Logo WEB Bawah
K-TV Peduli Web Bawah
Web Bawah Lomba Opini
WEB Bawah Maulid Nabi

Berita terkait

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *