Logo Web Atas
Web Atas Lomba Opini
Maulid Nabi Muhammad WEB Atas
K-TV Peduli WEB Atas

Suka Duka Mencari Berita di Surabaya; di-Ghosting Narasumber dan Informasi Dadakan

Oleh : Annisa Nur Nabillah*)

Ilustrasi (K-TV/Miftahol Arifin)
Ilustrasi (K-TV/Miftahol Arifin)

K-TV | Catatan Magang – Semua ini bermula saat Semester 5, saya mendapatkan mata kuliah Jurnalistik.

Iya, saya mahasiswi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya (UNESA), yang tentu saja mengampu mata kuliah tersebut. Mulai belajar mengenal apa itu jurnalistik dan mendapat materi, serta pengetahuan tentang jurnalistik. Saya merasa ada ketertarikan dalam bidang tersebut.

Berbekal dari mata kuliah Jurnalistik, saya belajar mengenai jurnalistik dan selalu mendapatkan tugas untuk menulis berita setiap minggunya. Saya belajar dan menulis berita seperti feature, straight news, dan soft news.

Pengalaman magang pertama saya, yang telah memberikan saya banyak sekali kesempatan untuk mempelajari dan mengembangkan potensi diri saya sendiri. Selama magang, saya diberikan tugas untuk menulis berbagai artikel berita dan berkomunikasi dengan berbagai narasumber.

Saya mampu meningkatkan kemampuan kepenulisan, berkomunikasi dengan khalayak ramai, lalu belajar bagaimana menulis berita dan memilih angle berita, yang menarik, serta mendapatkan kesempatan untuk meliput diberbagai kegiatan sosial, ekonomi, hingga politik dan pemerintahan.

Selain itu, saya juga bergulat dengan berbagai kesulitan saat berada di lapangan. Mulai dari ketidaklengkapan informasi suatu kegiatan, mendapatkan informasi secara dadakan, hingga tidak adanya kelanjutan dari pihak tertentu.

Pengalaman ini mampu menjadi kesempatan, yang sangat berharga untuk meningkatkan skill diri sendiri. Saya berharap pengalaman dan pembelajaran, yang saya dapatkan saat magang dapat bermanfaat dan mampu menjadi portofolio saya di bidang menulis dan jurnalistik.

Kesan, yang ingin saya sampaikan adalah pengalaman magang ini telah meningkatkan kesadaran, kepekaan, dan kepedulian saya terhadap isu-isu terkini, yang sedang dihadapi. Berbagai isu mulai dari sosial, ekonomi, hingga sosial, dan bertemu narasumber dengan berbagai latar belakang.

Saya berterima kasih kepada PT. Kharisma Televisi Madura, yang bersedia memberikan kesempatan kepada saya untuk berkembang. Serta, kepada Pemimpin Redaksi K-TV Syahid Mujtahidy dan Direktur K-TV Hairul Anam, yang sudah mengarahkan dan memberikan feedback untuk tulisan-tulisan saya, serta kooperatif dalam berkonsultasi topik berita.

Semoga K-TV kedepannya semakin jaya, berkembang dan banyak kontributor tidak hanya di Jawa namun bisa mencakup wilayah seluruh Indonesia.

*) Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya

Bagikan

Logo WEB Bawah
K-TV Peduli Web Bawah
Web Bawah Lomba Opini
WEB Bawah Maulid Nabi

Logo WEB Bawah
K-TV Peduli Web Bawah
Web Bawah Lomba Opini
WEB Bawah Maulid Nabi

Berita terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *